Hakikat Puasa untuk Mengenal Tuhan kita

Puasa adalah menahan lapar, dahaga dan segala bentuk kebutuhan fisik yang dapat membatalkan, yang waktunya dari terbit matahari sampai terbenam matahari. Orang muslim wajib puasa apabila sudah memenuhi syarat-syarat wajib. Waktu yang wajib puasa adalah puasa pada bulan ramadan. Sedangkan puasa selain hari itu, hukumnya sunah, ada yang dikuatkan pula. Seluruh penjuru bumi, pada bulan Ramadan umat muslim melaksanakan puasa, untuk menjalankan perintah agama. 
Pernah kita sewaktu kecil harus menghadapi masalah terbesar, latihan puasa. bagi kami yang terlahir di keluarga yang terdidik agamis, harus melalui fase belajar puasa. Bagi anak kecil yang belum tahu arti dari beribadah, terkadang mengeluh dan sedih, timbul banyak pertanyaan. mengapa harus puasa, ini sangat berat dan menyiksa badan.
Karena masih belajar peraturan yang longgar pun diadakan, mulai dari waktu sahur yang tak tentu, waktu buka yang tengah hari sampai belajar puasapun masih bolong-bolong.
Bukan puasanya yang terpenting tapi nilai belajarnya yang penting. Orang tua banyak yang memberikan motivasi pada anak mereka yang sedang belajar berpuasa. Kalau kamu puasa, nanti di sayang tuhan, kalau kamu puasa nanti dapat lebaran, kalau kamu puasa nanti masuk surga. Tetapi tetap saja anak-anak belum terlalu paham akan hal itu.
kemudian motivasi berubah ke materi dunia, kalau kamu puasa nanti dapat lebaran, nanti dapat baju baru nanti di ajak berlibur ke tempat yang di sukai. Ternyata cara ini lebih efektif di kalangan anak-anak. Tapi tidak sedikit anak yang mampu menerima motivasi yang bersifat ukrawi, karena didukung oleh didikan orang tua sejak dini.
Ada anak yang bolong puasanya karena ketidaktahuan mereka akan zat tuhannya, sehingga ketakutan lebih kepada ketakutan ketahuan orang tua. Untuk sementara motivasi duniawi diperlukan, tapi alangkah bijaknya orang tua, apabila mereka selalu menjelaskan materi ketuhanan ini sejak dini. karena selain puasa ini, akan mampu memperbaiki karakter anak.
Sekali lagi bukan masalah puasa, tapi belajar puasa adalah belajar mengenal tuhannya.



terinspirasi diskusi keponakan tentang bolong puasa ramadan dan rindu datangnya bulan itu
Puasa ramadan adalah pembelajaran gratis untuk anak-anak untuk mengenal tuhannya, tetapi dukungan dan motivasi orang tua harus selalu membersamai. Karena setiap kita adalah orang tua bagi generasi yang akan datang (WHF, 2017-Ponorogo)

terima kasih fotonya
 https://image.slidesharecdn.com/maknapuasabyabri-150913133241-lva1-app6891/95/makna-puasa-hakikat-puasa-ramadhan-2-638.jpg?cb=1442151259

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Bahagia (puisi)

Memerima Warisan Bangsa

Keluarga Kecilku