Tips Menjadi Penulis Kreatif




Menulis adalah kegiatan yang gampang-gampang sulit, banyak yang bilang kegiatan ini bakat, bawaan lahir, hanya orang pinter yang bisa. Stop!! Menurut penelitian ternyata banyak sekali proses yang harus kita lalui sebelum mampu menulis dengan baik.
Tapi sebelum membahas prosesnya lebih baik kita pahami tulisan yang baik itu kriterianya apa saja. Pertama, tulisan yang baik harus jelas dan efisien, jelas artinya segala sesuatu harus pada inti permasalahan dan tidak melantur kemana-mana, sedangkan efisien adalah padanan penggunaan kata yang pas dan tidak bertele-tele. Kedua, tulisan yang baik harus elegan dan stilish, ibarat penampilan harus menarik dan anggun sehingga semua orang akan senang membacanya.
Penulis harus mempunyai ide, gagasan atau pemikiran untuk disampaikan, berfikir logis dan membuat sebuah pembelajaran menjadi lebih sederhana untuk dipahami. Nah proses menjadi penulis itu tidak sulit, tapi hanya butuh kerja keras dan ketekunan untuk menjalani setiap fasenya. Seorang penulis diwajibkan untuk banyak membaca, mengobservasi lingkungan sekitar dan menirunkannya. Calon penulis profesional harus menjadikan menulis menjadi kebiasaan, banyak bercerita, berdiskusi dan membicarakan segala sesuatu yang akan ditulisnya. Penulis harus berhenti menunggu inspirasi, tapi segera menulis untuk menemukan inspirasi. Berfikir bahwa menulis itu memang sulit untuk semua orang, maka dari itu harus belajar terus menerus. Tidak ada tulisan yang langsung sempurna, maka dari itu revisi harus sealu dilakukan untuk sebuah tulisan. Belajar untuk mengkoreksi kalimat yang tidak sesuai supaya tidak miskorelasi. Bertemanlah dengan orang-orang yang senang memperbaiki tulisan kita. Ambillah resiko dan tantangan menulis secepatnya dengan menuliskan jurnal, paper atau artikel yang menarik untuk anda ulas.
Selamat berjuang mengasah diri menjadi penulis, karena dengan begitu banyak orang yang akan mengenal kita melalui tulisan-tulisan itu.

terima kasih
1. coursera.org for the materi
2.  http://www.annida-online.com/foto_berita/78writing.jpg for the image

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Bahagia (puisi)

Memerima Warisan Bangsa

Keluarga Kecilku