Memerima Warisan Bangsa

Masjid demak adalah satu situs peninggalan islam. Masjid ini dibangun pada masa walisongo, yang menarik adalah ditemukan sebuah surya majapahit di dalamnya. Banyak penafsiran di dalamnya, mengapa sebuah simbol kerajaan yang notabene bercorak hindu dipajang di dalam masjid?

 Masjid Demak

Berjalan ke daerah kudus, di sini terdapat menara yang gagah, menara kudus. Landmark yang pasti adalah peninggalan tradisi hindu, tapi dipadukan dengan serasi dengan masjid. Mengapa pula sebuah warisan hindu harus digunakan dalam pembangunan masjid kudus?

Masjid Kudus

Inilah pekerjaan akal untuk berfikir dan berusaha berteman dengan kebaikan. Dakwah walisongo begitu menyatu dengan Indonesia, walaupun dimasa itu berkembang hindu-budha. Tapi sekarang Indonesia merupakan negara dengan jumlah muslim yang tinggi.
Penafsiran merupakan wilayah yang sangat menakutkan, bila tersesat akan menjadi paham yang merusak sebuah kebaikan. Pasti segala sesuatu dilakukan para pendahulu kita (baca walisongo) terdapat nilai agung yang dapat kita ambil hikmah dan nilai agungnya. Karena kita butuh guru dan mereka adalah guru paling tepat, setelah mereka tiada. Dakwah ini dilanjutkan dengan para kyai di dalam pesantren.
Ini pendapat penulis murni : Walisongo merupakan orang-orang yang arif dan ahli dalam hal hakikat, baik itu kesufian dan syariat. Muslim adalah orang-orang yang mampu menyatukan kedua hal itu menjadi karakter.

terima kasih gambarnya
1) https://coretanpetualang.files.wordpress.com/2011/12/masjid-agung-demak-mimbar-khatib-dan-pengimaman.jpg
2) http://www.abouturban.com/wp-content/uploads/2016/10/1-About-Urban-Masjid-Menara-Kudus.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Bahagia (puisi)

Keluarga Kecilku