TIPS MENULIS KREATIF (Part 3)




Kita akan membahas tentang memotong kalimat, kata atau frasa yang tidak pelu. Tips ini merupakan tips tambahan untuk pemula. Ketika menulis semampu mungkin menyusun kalimat yang padat makna dan mudah dipahami. Hal ini sudah kita bahas sebelumnya, akan tetapi hanya sebagai tips tambahan dan mengingat kembali, menggunakan kalimat positif. Kalimat positif berarti menggunakan kalimat yang efektif tanpa kata TIDAK. Contohnya dia tidak pintar menjadi DIA BODOH, dia bukan guru menjadi DIA DOSEN dsb.
Trik yang kedua adalah menghindari penggunaan frase  INI ADALAH, ITU ADALAH. Frase ini akan akan menyebabkan boros kata, dan dirasa menjemukan. Contohnya  ini adalah penyelenggarakan yang menghabiskan banyak dana menjadi PENYELENGGARAAN INI MENGHABISKAN BANYAK DANA,  itu adalah karakter yang sangat umum dimiliki masyarakat pesisir menjadi MASYARAKAT PESISIR MEMILIKI KARAKTER ITU.
Trik yang ketiga adalah mengurangi penggunaan kata tambahan (pada, dimana, umumnya, di, ke). Kata tambahan ini berfungsi untuk memperjelas kalimat, tapi adakalanya tanpa kata tambahan, kalimat sudah dapat difahami. Maka sebaiknya kata tambahan seminimal mungkin dalam penggunaannya. Contoh pada hari kamis semua siswa pergi studi tour ke Prambanan menjadi HARI KAMIS SEMUA SISWA PERGI KE PRAMBANAN STUDI TOUR.
Tips yang terakhir dan paling utama adalah latihan rutin. Latihan ini dapat kita lakukan dengan membaca artikel orang lain atau kita membuat artikel dan merevisinya sendiri. Kita harus mempublish kepada orang lain, supaya kita lebih percaya diri serta mendapat saran kritik dari mereka. Sementara ini dulu penjelasan tips dan trik menulis kreatif dengan cara memotong kalimat/kata /frase. Bila ada yang perlu didiskusikan silahkan menulis di kolom komentar.

Terima kasih
1.   Untuk materi_coursera.org (sainani)
2.   Untuk foto_http://eramadina.com/wp-content/uploads/2013/05/tips-menulis.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Bahagia (puisi)

Memerima Warisan Bangsa

Keluarga Kecilku