tips menulis kreatif (part 4)

Menulis memerlukan teknik penyusunan kalimat efektif, antara lain menggunakan kalimat aktif dan kata kerja. Kalimat aktif adalah kalimat yang subjek di dalamnya melakukan kerja, sedangkan kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai kerja. Contohnya kalimat aktif; ibu menggoreng nasi di dapur, kalimat pasif; nasi digoreng ibu di dapur.
Manfaat menggunakan kalimat aktif adalah kalimat akan mudah dibaca dan dipahami, menghindari kebingungan pembaca, dalam penulisan karya ilmiah (jurnal, skripsi,tesis, disertasi, paper dll) peneliti lebih bertanggung jawab atas tulisannya.
Menggunakan kata kerja contohnya
1.      Dia telah membuat pernyataan tentang merubah sikap dan perilaku
2.      Dia menyatakan akan merubah sikap dan perilaku
Kita konsentrasi pada kata pernyataan (kata benda) dan menyatakan (kata kerja). Menurut penelitian kalimat pertama lebih lemah dibandingkan dengan kalimat kedua. Sehingga kalimat yang menggunakan kata kerja lebih menyakinkan dan efektif untuk dibaca.
Demikian tips menulis kali ini, point pentingnya adalah menulis menggunakan kalimat aktif dan kata kerja. Apabila ada hal yang perlu didiskusikan, silahkan tulis di kolom komentar terima kasih.

Thanks to
1.      Materi_Coursera.org (Kristin Sainani)

2.      Foto_https://assets-a1.kompasiana.com/items/album/2017/02/26/menulis-secara-kaffah-58b28dc2147b618a10260672.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Bahagia (puisi)

Memerima Warisan Bangsa

Keluarga Kecilku